Dirigen
Orang yang Memimpin PaduanSuara disebut

Orang yang Memimpin Paduan Suara Disebut

Posted on

Orang yang Memimpin Paduan Suara Disebut

Kita mengetahui dalam dunia musik penyajiannya terdiri dari beberapa jenis, diantaranya lagu yang dinyanyikan oleh satu orang yang dikenal dengan solo vokal, oleh dua orang yaitu duet, oleh tiga orang trio, oleh empat orang kwartet, adapula grup vokal yang terdiri dari banyak orang, akapella yaitu penyajian tanpa iringan musik serta paduan suara yakni disajikan oleh banyak orang yang memiliki pemimpin dalam bernyanyi. Orang yang memimpin paduan suara disebut dnegan dirigen.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai salah satu penyajian musik yang berbentuk paduan suara.

A. Pengertian Paduan Suara

Paduan suara merupakan istilah yang awalnya berasal dari Bahasa Belanda yatu “koor”, dalam Bahasa Yunani “choros”, dalam Bahasa Inggris yaitu ”choir”. Istilah-istilah tersebut secara singkat memiliki pengertian gabungan beberapa penyanyi yang mengkombinasikan berbagai macam jenis suara menjadi satu harmoni.

Paduan suara umumnya terdiri dari empat suara yaitu sopran, alto (wanita) tenor dan bas (pria), meskipun demikian dalam penyajian paduan suara tidak ada aturan mengenai batasan jumlah suara yang terdapat dalam paduan suara.

Paduan suara merupakan musik vokal grup yang mana di dalamnya harus terdapat minimal 15 orang, semuanya bisa terdiri dari wanita saja, atau laki-laki saja bahkan bisa juga disajikan oleh laki-laki dan wanita. Dalam penyajian vokal grup orang yang memimpin paduan suara disebut dirigen.

Dalam menjalankan tugasnya dirigen tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, untuk menjadi seorang dirigen harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan yaitu sebagai berikut.

B. Syarat-syarat menjadi seorang dirigen/direksi

1. Memiliki Kesehatan Jasmani yang Baik dan Tangguh

Orang yang memimpin paduan suara disebut juga dirigen, seorang dirigen harus memiliki kesehatan yang prima baik jasmani maupun rohani.

Kesehatan jasmani memiliki peran penting bagi seorang dirigen dalam memimpin paduan suara dimana proses yang panjang memerlukan banyak latihan sehingga menyita waktu dan tenaga. Kesehatan rohanipun tidak kalah penting unuk seorang dirigen yang mana dapat membantu meningkatkan kesabaran dan mental saat menjadi pemimpin dirigen.

2. Memiliki Sifat Simpatik

Seorang dirigen hendaknya memiliki sifat simpatik sehingga tau betul apa yang terjadi atau yang dialami oleh anggotanya, dengan demikian akan lebih mudah menyatukan harmoni dalam musik.

3. Memilik Sikap Kepemimpinan

Sikap kepemimpinan harus dimiliki seorang dirigen karena dia merupakan pemimpin dalam penyajian musik, yang mana keindahan melodi yang dibawakan tergantung bagaimana seorang dirigen memimpin keseluruhan prosesnya.

4. Memiliki Pengetahuan, Keterampilan, dan Kemampuan Bermain Musik

Pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bermain musik merupakan komponen yang wajib dikuasai oleh dirigen, hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi terhadap grup musik paduan suara yang dia pimpin. Musik vokal grup paduan suara yang berkualitas tergantung pada kualitas yang dimiliki oleh seorang dirigen.

5. Memiliki Daya Imaginasi yang Baik

Daya imajinasi yang baik perlu dimiliki oleh seorang dirigen, seperti warna bunyi, tempo, melodi dan lain sebagainya. Dengan begitu dirigen akan lebih mudah mengatur harmoni dalam musik tersebut. kaitan dengan dirigen) dan praktek (latihan) belajar dan terus belajar yang berkaitan dengan dirigen,

6. Menguasai Cara-Cara Latihan yang Efektif

Dalam memimpin paduan suara seorang dirigen harus bisa melakukan observasi saat latihan yang mana dirigen harus mengetahui situasi dan kondisi sehingga bisa menerapkan teknik atau cara yang efektif saat latihan. Karena tidak semua lagu yang akan dibawakan bisa menggunakan satu cara yang sama pada saat latihan.

Demikian pula dengan situasi dan kondisi, dirigen harus cermat ketika keadaan pada saat latihan sudah mulai tidak kondusif, dirigen harus memiliki inovasi agar proses latihan bisa kembali kondusif.

C. Peranan Dirigen Dalam Memimpin Paduan Suara

Orang yang memimpin paduan suara disebut dirigen. Dengan demikian dirigen memiliki peranan penting dalam penyajian musik vokal paduan suara, dirigen adalah komponen utama yang mana musik vokal paduan suara tidak akan berjalan tanpa adanya dirigen. Keberhasilan penyajian musik vokal paduan suara salah satunya ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki dirigen.

Dengan demikian sebaiknya dalam satu grup musik vokal paduan suara memiliki lebih dari satu dirigen, dengan demikian jika terdapat kendala pada salah satunya penyajian musik vokal tetap berjalan sesuai yang direncanakan.

D. Teknik-Teknik Yang Harus Dikuasai Oleh Dirigen

1. Teknik Memberi Aba – Aba

Teknik aba-aba harus dikuasai seorang dirigen, pasalnya aba-aba merupakan bagian dari mengatur suara dalam menyajikan musik vokal paduan suara. Aba-aba biasanya dilakukan dengan tongkat atau gerakan tangan, di mana semua gerakan tersebut mengandung arti.

2. Sikap Badan

Seorang dirigen harus memiliki sikap badan tegak, siap namun rileks, karena sikap badan akan memengaruhi anggota saat proses bernyanyi.

3. Teknik Meresapi Musik

Dalam memainkan musik baik dirigen maupun anggota paduan suara lain harus meresapi musik yanag dimainkan agar tercipta kesatuan harmoni yang indah, sehingga keindahan tersebut bisa dirasakan oleh pendengar.

4. Kreteria Memilih Lagu

Seorang dirigen harus cerdas dalam memilih lagu yang tepat yang disesuaikan dengan kemampuan anggota, selain itu dalam memilih lagu dirigen tidak bisa memutuskan sendiri, harus ada musyawarah dengan anggota paduan suara lainnya dalam mengambil keputusan saat memilih lagu.

 

Musik merupakan unsur yang tidak bisa terlepas dari manusia, karena musik memiliki banyak manfaat terutama bagi psikologis seseorang.

Dengan musik seseorang bisa terhibur, dengan musik dapat membantu seseorang untuk fokus atau dapat membantu seseorang agar bisa cepat tertidur. Bahkan pada era kini musik klasik menjadi tren bagi bayi sejak masih dalam kandungan.

Dalam penyajiannya musik terdiri dari berbagai macam jenis salah satunya jenis paduan suara. Paduan suara merupakan jenis penyajian musik vokal grup di mana dalam prakteknya memiliki perhatian khusus dibandingkan jenis lainnya.

Jenis musik paduan suara dibawakan oleh sekelompok orang yang berjumlah minimal 15 orang yang memiliki pemimpin. Orang yang memimpin paduan suara disebut dengan dirigen.

Dirigen memiliki peranan yang amat penting dalam pembawaan musik paduan suara, keberhasilan serta kualitan penyajian musik paduan suara ditentukan oleh kompetensi dirigen sebagai pemimpin. Dengan begitu seorang dirigen harus memenuhi syarat dan ketentuan serta menguasai teknik teknik dalam memimpin pembawaan musik paduan suara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.