Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut
Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut

Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut

Posted on

Musicophile yang setia, saat mendengar lagu kalian lebih menyukai lagu yang dinyanyikan oleh satu orang disebut juga vokal solo atau oleh dua orang (duet), kwartet atau vokal grup? Apasih perbedaan diantara semuanya? Di bawah ini akan sedikit mengulas perbedaan tersebut.

Lagu yang dinyanyikan oleh satu orang disebut juga vokal

1. Solo Vokal

Lagu yang dinyanyikan oleh satu orang disebut solo vokal. Menyanyi menggunakan metode solo vokal sekilas tampak mudah dan sederhana, namun dalam prakteknya banyakkomponen-komponen yang harus dikuasai. Penjelasan lebih rinci akan dibahas pada bagian berikutnya.

2. Duet Vokal

Duet vokal merupakan bentuk penyajian musik vokal yang dinyanyikan oleh dua orang yang mana dalam penyajiannya menggunakan melodi suara yang berbeda dengan iringan alat musik.
Duet vokal disajikan dalam bentuk kelompok yang terdiri dari dua orang, keduanya bisa sesama laki-laki, sesama perempuan atau bercampur antar lelakidan perempuan.

3. Trio Vokal

Trio vokal ialah bentuk penyajian musik kelompok yang dinyanyikan oleh tiga orang penyanyi, yang mana penyajiannya menggunakan melodi suara yang berbeda antara penyanyi satu dengan penyanyi yang lainnya serta memakai alat musik sebagai pengiring. Dalam trio vokal personil penyayi bisa terdiri dari semua wanita, semua laki-laki atau bercampur atntara laki-laki dan perempuan.

4. Kwartet Vokal

Kwartet vokal yaitu jenis musik vokal yang disajikan oleh empat orang penyanyi yang mana menggunakan melodi suara yang berbeda dan disertai iringan alat musik.

5. Vokal Grup

Jenis penyajian musik vokal ini dinyanyikan minimal oleh tiga orang personil, penyajiannya menggunakan lebih dari satu suara dengan iringan alat musik.

6. Paduan Suara

Paduan suara ialah penyajian musik vokal yang dinyanyikan oleh penyanyi minimal berjumlah 15 atau lebih dengan menggunakan suara dan wilayah nada yang berbeda atau dikenal juga dengan istilah ambitus suara.

7. Akapella

Jenis musik vokal akapella tergolong populer saat ini, jenis musik ini disajikan tanpa menggunakan iringan alat musik. Jumlah personil jenis musik ini menyesuaikan dengan kebutuhan dapat terdiri dari wanita semua, pria semua, atau bercampur antara wanita dengan pria.

Setelah mengenal jenis-jenis musik vokal berdasarkan penyajiannya, pembahasan selanjutnya akan membahas mengenai solo vokal yang lebih mendalam.

A. Materi Vokal

Suara yang dimiliki oleh seseorang dengan yang lainnya akan terdapat berbagai perbedaan. Perbedaan tersebut dinamakan sebagai materi vokal.

Tim Kemdikbud (2017: 41) memaparkan perbedaan dasar yang terdapat dalam materi vokal yang dimiliki oleh dua orang yang berbeda, yaitu:

1. Warna Suara/Timbre

Ketika suara seseorang berbeda dengan orang lain, hal tersebut dikarenakan getaran-getaran yang dikeluarkan oleh bentuk setiap pita suara yang berbeda.

Berdasarkan hal itu akan menghasilkan perbedaan pada warna suara. Warna suara akan menghasilkan karakter vokal yang kuat ketika dilatih dengan teknik vokal yang tepat.

2. Wilayah Nada

Masing-masing orang akan mempunyai wilayah nada yang berbeda hal tersebut dipengaruhi oleh ketebalan pita suara yang dimiliki, selain itu cara seseorang ketika mengolah teknik vokal juga mempengaruhi wilayah nada.

Dengan demikian akan menghasilkan kemampuan seseorang dalam menggapai tinggi rendahnya nada.

Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut
Lagu Yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut

B. Teknik Vokal

Warna suara atau timbre dan wilayah nada mungkin salah satu bekal awal yang kuat bagi seorang penyanyi.

Namun sejatinya menyanyi juga merupakan suatu keterampilan dan membutuhkan teknik yang baik. Seseorang yang bernyanyi dengan menggunakan teknik vokal yang benar akan menghasilkan suara yang baik dan layak didengar.

Dalam bernyanyi seseorang harus berupaya dalam mengolah vokal melalui teknik yang baik dan tepat, sehingga suara yang dihasilkan akan sedap didengar.

Di bawah ini merupakan uraian mengenai teknik vokal yang harus diperhatikan ketika bernyanyi, yaitu:

1. Sikap Bernyanyi

Dalam bernyanyi terdapat sikap yang harus diperhatikan oleh seorang penyanyi karena akan mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan, selain itu sikap bernyanyi merupakan sebagai estetika penampilan.

Ketika bernyanyi seorang penyanyi hendaknya rileks danmenegakan badan , posisi kaki sedikit dibuka, berat badan bertumpu pada kedua kaki dengan seimbang, membusungkan dada, pandanagn lurus ke depan, serta tangan berada pada samping kanan kiri dalam keadaan rileks.

2. Pernapasan Diafragma

Pernapasan yang dianjurkan ketika saat bernyanyi yakni dengan menggunakan pernapasan diafragma. Diafragma memiliki otot dimana ketika terus dilatih dengan olah napas, otot tersebut akan menjadi lebih kuat dengan begitu napas yang keluar akan memiliki durasi yang panjang dan kuat untuk mencapai nada tinggi pada saat bernyanyi. memperpanjang durasi keluarnya napas kita pada saat bernyanyi.

3. Resonansi

Resonasi merupakan proses menggemakan suara, hal tersebut harus dikuasai penyanyi agar suara yang dikeluarkan terdengar kuat dan keras hingga sampai kepada pendengar.

4. Artikulasi dan Gerak Mulut

Saat bernyanyi pengucapan kata-kata harus terdengar jelas oleh pendengar disertai dengan gerakan mulut saat pengucapan kata-kata dilakukan dengan tepat. Dengan begitu lirik lagu akan sampai pada pendengar dengan baik.

5. Phrasering/Pengalimatan

Phrasering atau pengalimatan ialah suatu teknik vokal di mana untuk mengatur mengenai pengelompokan kalimat. Dalam teknik ini vokalis bisa mengatur atau mengambil napas dalam setiap jeda antarkalimat.

Pengalimatan ini sebaiknya dilakukan sebelum memulai bernyanyi, dengan melakukan pemberian tanda pada jeda antarkalimat dengan begitu ketika saat kita bernyanyi, kita dapat mengatur napas yang disesuaikan dengan makna lagu.

6. Ekspresi (Mimik dan Gestur)

Ketika bernyanyi, penyanyi harus mengeluarkan ekspresi yang sesuai dengan tema lagu. Dengan demikian, makna lagu akan tersampaikan dengan baik kepada pendengar. Ekspresi tersebut meliputi mimik wajah dan gestur atau gerak tubuh.

Improvisasi Lagu Secara Solo/Tunggal

Improvisasi secara singkat dimaknai dengan melakukan sesuatu tanpa persiapan, artinya penyanyi melakukan sesuatu tanpa yang direncenakan sebelumnya namun penyanyi melakukan sesuatu secara spontan berdasarkan insting dan pengalaman yang telah dialami dalam bagian bagian tertentu saat benrnyanyi.

Dalam bernyanyi improvisasi termasuk ke dalam pengembangan ornamentasi pada sebuah lagu yang bertujuan untuk lagu terdengar lebih menarik juga tidak membosankan.

Penutup

Musicophile demikianlah pembahasan ringkas mengenai jenis-jenis vokalis diantaranya jenis vokal dimana lagu yang dinyanyikan oleh satu orang disebut dengan solo vokal, adapun yang dinyanyikan dua orang disebut duet vokal, lagu yang dinyanyikan oleh tiga orang disebut trio vokal, lagu yang dinyanyikan oleh 4 orang disebut kwartet vokal, lagu yang dinyanyikan oleh banyak orang disebut grup vokal.

Dalam solo vokal terdapat teknik yang harus diperhatikan dalam penyajiannya. Meskipun sekilas seperti hal yang mudah, justru dalam solo vokal terdapat komponen-komponen yang harus diperhatikan, seperti suara penyanyi merupakan fokus utama yang akan terdengar, sehingga sekecil apapun kekeliruan akan menjadi pusat perhatian pendengar.

Dengan demikian dengan mengetahui teknik solo vokal dapat menambah pengetahuan musicophile mengenai solo vokal terutama jika musicophile berencana untuk melakukan solo vokal, sehingga dapat mempersiapkan dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.